Pengaruh premi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan engagement peserta badan peneyelenggara jaminan sosial mandiri
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator yang berpengaruh
terhadap variabel harga, kualitas layanan, yang berpangaruh terhadap kepuasan dan
engagement pengguna BPJS mandiri. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan
dua jenis yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik sampel dari 120
responden peserta BPJS mandiri. Analisis menggunakan model persamaan struktural
atau Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis penelitian ini
dan menjawab seluruh hipotesis. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai Evaluasi
Model Struktural atau yang biasa disebut dengan Inner Model dan digunakan beberapa
uji yang terdiri dari uji validitas konvergen, uji validitas deskriminan, nilai reliabilitas
komposit dan AVE.
Hasil penelitian diperoleh 1) Premi berpengaruh terhadap kepuasan, 2) Kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan, 3) Premi berpengaruh terhadap engagement,
4) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap engagement. Hasil analisis Koefesien jalur
dan P-Value tertinggi pada kualitas layanan terhadap kepuasan. Dari penelitian ini
seluruh variabel yang diteliti secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel
kepuasan dan engagement.
Collections
- Penelitian Dosen [14]