PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PADA TOKO RIMA DI SANGATTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas layanan terhadap minat kunjungan ulang 2) pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat kunjungan ulang 3) kualiatas layanan dan kepuasan pelangaan berpengaruh secara simultan terhadap minat kunjungan ulang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Toko Rima dengan sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif kualitas layanan terhadap minat kunjungan ulang pada toko rima di Sangatta. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,830 > 1,66055 nilai dari t tabel, serta nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,355 ; (2) terdapat pengaruh positif kepuasan pelanggan terhadap minat kunjungan ulang pada toko rima di Sangatta. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,396 > 1,66055 nilai dari t tabel serta nilai signifikan sebesar 0,018 lebih kecil dari 0,05 (0,018 < 0,05 dan nilai koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,255 ;
(3) terdapat pengaruh positif kualitas layanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap minat kunjungan ulang pelanggan toko rima di Sangatta. Hal ini dibuktikan diperoleh oleh nilai F hitung sebesar 10,403 > 3,09 nilai dari F tabel, serta nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05(0,000< 0,05).
Collections
- SKRIPSI [3]