PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID 19 STUDI KASUS PADA CAFE TERAS BELAD SANGATTA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan merupakan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah konsumen di Café Teras Belad Sangatta. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis SWOT meliputi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif untuk diterapkan pada Cafe Teras Belad Sangatta adalah Strategi W-T , dengan meningkatkan kualitas pelayanan di Cafe Teras Belad Sangatta, menggunakan media promosi yang menarik minat pelanggan dan menerapkan harga yang maksimal namun tidak merugikan. Strategi ini berperan untuk meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman dilihat dari faktor internal dan eksternal Cafe Teras Belad Sangatta yang di analisis melalui Matriks SWOT. Dan di harapkan dari strategi ini untuk meningkatkan serta memperluas usaha menjadi lebih besar dengan kinerja dan pelayanan yang lebih baik